Show simple item record

dc.contributor.authorEvlency, Panjaitan
dc.date.accessioned2018-03-14T08:03:43Z
dc.date.available2018-03-14T08:03:43Z
dc.date.issued2015-01-21
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/451
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran mana yang lebih efektif diantara model pembelajaran Giving Question And Getting Answer dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematika pada materi pokok Himpunan di kelas VII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Dari sepuluh kelas diambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII-2 yang diajar model pembelajaran GQGA dan VII-3 yang diajar model konvensional. Prosedur penelitian ini yang pertama kedua kelas diberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Kemudian kedua kelas diberikan materi dan waktu yang sama, dengan model pembelajaran yang berbeda. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran GQGA sedangkan pada kelas kontrol diberikan pengajaran konvensional. Kedua memberikan post-test berupa essay sebanyak 5 soal untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Sebelum tes ditetapkan sebagai alat pengumpulan data terlebih dahulu harus diujikan valid dan reliabelnya. Setelah soal divalidasi akan diambil butir soal yang valid untuk dijadikan tes akhir setelah pembelajaran. Hasil analisa data dan perhitungan menunjukan bahwa dikelas eksperimen rata–rata pre-test = 25,78261 dan post-test = 76,826 sedangkan rata-rata pre-test dikelas kontrol = 23,78361 dan rata-rata post-test = 66,91. Dari pengujian hipotesis data post-test kedua sampel dengan taraf sugnifikan = 0,05 diperoleh harga thitung = 1,7244 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel = 1,678 karena thitung > ttabel hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GQGA lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi pokok bahasan Himpunan di kelas VII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.en_US
dc.subjectPembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA)en_US
dc.subjectpembelajaran konvensionalen_US
dc.subjectkomunikasi matematikaen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Pada Materi Pokok Himpunan Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 35 Medanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record