PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALA MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPESTAD(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENTDIVISION)DENGAN TAI(TEAM ASSISTEDINDIVIDUALIATION) PADA MATERISPLDV DI KELAS X SMA NEGERI PARMONANGAN T.A. 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan model pembelajarankooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas X SMA Negeri 2 Parmonangan.Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen namun keterbatasan jumlah kelas yang hanya terdiri dari dua kelas maka populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMANegeri 2 Parmonangan yang hanya terdiri dari dua kelas.X_1 yang terdiri 32peserta didik dan X_(2 ) yang terdiri 31 peseta didik.Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk essay yang telah dilakukan uji validitas instrumen. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I adalah 88 dengan simpangan baku7 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 72,74 dengan standar deviasi 9,35. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka diberi kesimpulan yaitu ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan model pembelajarankooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas X SMA Negeri 2 Parmonangan..
Collections
- Pendidikan Matematika [662]