Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted IndividualizationTerhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Pelajaran Bilangan Bulat di Kelas VIISMP Negeri1Sianjur Mulamula T.P 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualizationterhadap motivasi belajar matematika siswa pada materi pelajaran bilangan bulat di Kelas VIISMP Negeri1Sianjur Mulamula T.P 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula T.P 2020/2021. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-2) yang berjumlah 27 orang, Instrumen yang digunakan adalah angket hasil belajar siswa dengan yang telah dilakukan uji validasi instrument serta lembar observasi siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y ̂=66,62268 + 0,1987X. Untuk uji kelinearan regresi angket diperolehF_hitung>F_Tabelatau 75,141>2,63, maka Ha ditolak sehingga tidak terdapat hubungan yang linear antara model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap motivasi belajar siswa.Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperolehF_hitung<F_Tabel atau 3,453 > 4,24, maka Ha ditolak sehingga tidak terdapat keberartian regresi antara Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap motivasi belajar matematika siswa.Berdasarkan hasil analisis uji kelinieran dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap motivasi belajar matematika siswa pada materi pembelajaranbilangan bulat Kelas VII SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula T.P. 2020/2021.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]