• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII DI SMP YAYASAN PERGURUAN ROKITA SARI BANGUN PURBA TAHUN AJARAN 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Fio Servinaria Pardede.pdf (214.0Kb)
    Date
    2020-09-21
    Author
    Pardede, Fio Servinaria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini didasarkan pada rendahnya penalaran yang menekankan pada kemampuan peserta didik untuk dapat menggunakan nalarnya dan kemampuan matematisnya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi peluang di Kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Rokita Sari Bangun Purba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Rokita Sari Bangun Purba. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang dipilih secara simple random sampling yang terdiri dari 45 orang peserta didik, namun dikarenakan masa pandemik maka hanya 18 orang peserta didik kelas VIII yang digunakan, dimana mereka adalah seluruh peserta didik yang disetujui oleh orang tua masing-masing untuk sekolah tatap muka. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan penalaran dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh informasi bahwa (1) Nilai hasil rata-rata hasil Post-test pada kemampuan penalaran adalah 72,22%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat penguasaan pada kemampuan penalaran berdasarkan analisis deskriptif kualitas pembelajaran dilihat dari ketuntasan belajar siswa dalam kategori sedang. Maka pembelajaran tidak efektif. (2) Berdasarkan analisis deskriptif kesesuaian tingkat pembelajaran. Data observasi terhadap hasil perhitungan observasi diperoleh hasil dari semua observasi rata-rata 4 yang berarti dalam kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran sudah efektif.Dari hasil peneltian dan analisis data yang telah dilakukan maka Pendekatan saintifik tidak efektif terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4486
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback