• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Based Learning TerhadapKemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Desa Garingging T. A. 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Leina Medelin P. Br. Munthe.pdf (449.9Kb)
    Date
    2020-08-22
    Author
    Br. Munthe, Leina Medelin P.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Desa Garingging T. A. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA di Desa Garingging yang berjumlah 14 orang. Dikarenakan populasi dalam penelitian ini kurang dari 30 orang maka pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh artinya, semua populasi menjadi sampel. Berdasarkan teknik pengambilan sampel yang digunakan maka sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA yang berjumlah 14 orang. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi y ̂=19,9+0,834x.Dari uji kelinieran regresi diperoleh bahwa terdapat hubungan yang linier antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Koefisien korelasi r = 0,829 artinya, terdapat hubungan yang sangat kuat/tinggi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dan dari uji keberartian korelasi diperoleh bahwa terdapat hubungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Sedangkan, koefisien determinasi r^2=68,89% artinya tinggi rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik 68,89% dipengaruhi oleh faktor model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang digunakan sedangkan sisanya, yaitu: 31,11% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4484
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback