HubunganKonsepDiridanKreativitasPesertaDidik Terhadap Kemampuan Pemecahan MasalahMatematika Di Kelas XI IPA SMA Gajah Mada Medan
Abstract
Matematikamerupakanpelajarandasardansaranaberfikirilmiah yang pentinguntukdiajarkankepadapesertadidikuntukmengembangkankemampuanlogisnya. Banyakpesertadidikmengatakantidakmampumengikutipelajaranmatematikakarenaiabodoh. Kreativitasjugamempunyaiperananpentingkarenakreativitasmerupakansuatukemampuan yang sangatberartidalam proses kehidupanmanusia. Seseorang yang memilikikonsepdiri yang positifdanmemilikikreativitas yang tinggiakangiatdangairahuntukmelakukankegiatanbelajarsehinggakemampuanpemecahanmasalahmatematikapesertadidikbaik.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahadahubunganpositif yang signifikanantarakonsepdiri, kreativitaspesertadidikdankemampuanpemecahanmasalahmatematikadaripesertadidik SMA Gajah Mada
Populasipenelitianiniadalahseluruhpesrtadidikdikelas XI IPA SMA Gajah Mada Medan yang berjumlah 32 orang yang terdiridari 1 kelas. Pengambilansampeldilakukansecarasensus. Sampel yang di ambilberjumlah 32 orang.
Data penelitianinidikumpulkandenganmenggunakanangkettertutupuntuukvariabelkonsepdiridankreativitaspesertadidik, untukkemampuanpemecahanmasalahmatematikaberbentuktesesaimatematika XI IPA.
Hipotesispenelitianinimenggunakanujianalisiskorelasi. Sebelumnyadilakukanujinormalitasseluruhvariabelpenelitiansehinggaterdistribusi normal. Hasilanalisis data (1) korelasi yang signifikanantarakonsepdiridankemampuanpemecahanmasalahmatematikadiperolehthitung = 5.176 lebihbesardariharagttabel= 0.6970, (2) korelasi yang signifikanantarakreativitasdengankemampuanpemecahanmasalahmatematikadiperolehthitung= 6.9445 lebihbesardarihargattabel = 0.6970, (3) Terdapatkorelasi yang signifikanantarakonsepdiridankreativitasterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikadengankeberartiankorelasigandadiperolehFhitung= 30.87danFtabel= 3.33.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]