dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Missouri mtematics Project (MMP) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Sipoholon”
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 2 SIPOHOLON, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VIII – 3 dengan jumlah 30 siswa. Untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematika siswa, peneliti menggunakan observasi dan tes yang diajar dengan model pembelajaran Missouri mathematics project (MMP) pada materi SPLDV.
Hasil nilai perhitungan rata-rata post test atau kemampuan komunikasi matematika (Y ̅ ) = 79,26 dan nilai rata-rata observasi dengan model MMP (X ̅) = 77, sedangkan untuk ketelitian analisis, peneliti melakukan uji linearitas regresi dan hasil persamaan yang didapat adalah Y ̂=16,104 + 0,820X. Untuk persamaan regresi tersebut dengan menggunakan daftar analisa varians melalui uji F, dan ternyata regresi Y atas X adalah linear. Selanjutnya untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model MMP terhadap kemampuan komunikasi matematika digunakan uji hipotesis dan diperoleh F_(Hitung )>F_Tabelatau 148,62 > 4,40. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan diantara kedua variabel. Taraf pengaruhnya dinyatakan dengan koefisien korelasi r = 0,917. Untuk mengetahui Besar kekuatan hubungan X dan Y dengan koefisien determinasi yakni 84,1%. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara model MMP terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII – 3 SMP N 2 SIPOHOLON T.A 2013 / 2014. | en_US |