dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh model pembelajaran (active learning) tipe lightening the learning climate untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Operasi Hitung Pecahan dikelas VII SMP Swasta Methodist 1 Rantau Prapat T.P 2014/2015.
Berdasarkan analisis regresi diperoleh persamaan regresi ( Y) ̂=19,195+0,772 X, Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linear b = 0,772 bertanda positif artinya kedua variabel mempunyai hubungan linier yang positif. Dan jika pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe lightening the learning climate naik sebesar 1 satuan akan meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok Operasi Hitung Pecahan sebesar 0,772.
Hasil uji linearitas regresi sampel dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 0,25, sedangkan Ftabel = F_(1-0,05;12,16) = 2,42 ternyata F_hitung < F_tabel, maka bentuk hubungannya linear dan berarti terhadap prestasi belajar. Uji keberartian regresi F_(hitung ) = 72,25 sedangkan F_tabel= F_(1-0,05;1,28) = 4,20 dimana 〖 F〗_hitung > F_tabel , maka ada pengaruh yang berarti antara model pembelajaran aktif (active learning) tipe lightening the learning climate dan pretasi belajar siswa.
Hasil perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,844 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara model pembelajaran aktif (active learning) tipe lightening the learning climate dan prestasi belajar siswa. Kemudian koefisien determinasi r^(2 ) = 0,7127 atau 71,27% yang artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pembelajaran aktif (active learning) tipe lightening the learning climate sebesar 71,27% adapun yang lainnya dipengaruhi faktor lain.
Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Lightening The Learning Climate diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. | en_US |