Show simple item record

dc.contributor.authorSIHOTANG, Chandra Parasian
dc.date.accessioned2018-03-14T06:02:56Z
dc.date.available2018-03-14T06:02:56Z
dc.date.issued2014-03-28
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/434
dc.description.abstractAnggapan siswa bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dipahami, bersifat abstrak, dan membosankan adalah sebagai faktor penyebab hasil belajar siswa masih kurang memuaskan. Oleh karena itu guru perlu mencari inovasi-inovasi baru untuk mengusahakan pembelajaran yang lebih menarik. Salah satu upaya yang dapat dilkukan yakni menerapkan metode Stop Think Do dalam pembelajaran. Sebetulnya belajar akan bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan semata-mata hanya untuk mengetahuinya. Selama proses belajar berlangsung, siswa merasakan adanya kemampuan yang ada pada dirinya untuk menentukan sendiri cara belajar mereka sehingga siswa tidak merasa tertekan, bosan dan cemas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dan bagaimana pengaruh metode Stop Think Do terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan logaritma di kelas X SMA BUDIMURNI 3 Medan T.A. 2013/2014 Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA BUDIMURNI 3 Medan, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas X_A dengan jumlah 22 siswa. Untuk memperoleh data hasil belajar siswa, peneliti menggunakan observasi dan tes. Sebelum di uji cobakan kepada siswa terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Kemudian dihitung normalitas kedua instrumen sebelum data diolah, dan setelah dilakukan perhitungan ternyata kedua data yang digunakan berdistribusi normal. Model regresi yang didapat yaitu Y ̂= 5,66+0,929 X. Sedangkan untuk ketelitian analisa, peneliti melakukan uji linieritas regresi untuk persamaan regresi tersebut dengan menggunakan daftar analisis varians (ANAVA) melalui uji F, dan ternyata regresi Y atas X adalah linier. Selanjutnya untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara metode Stop Think Do terhadap hasil belajar digunakan uji hipotesis dan diperoleh F_hitung = 116,405 > F_tabel = 4,30. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan diantara kedua variabel. Taraf pengaruhnya dinyatakan dengan koefisien korelasi r = 0,923. Besar kontribusinya ditentukan dengan koefisien determinasi yaitu 85,3 %, Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Stop Think Do terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA BUDIMURNI 3 Medan T.A. 2013/2014.en_US
dc.subjectMetode Pembelajaran Stop Think Doen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Metode Stop Think Do Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Logaritma Di Kelas X SMA BUDIMURNI 3 Medan T.A. 2013/2014en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record