dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa baik secara sendiri maupun secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika siswa yang diperoleh melalui tes hasil belajar pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar dari SMP Swasta HKBP Padang Bulan Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Padang Bulan Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 180 orang. Dalam penelitian ini, sampel sebanyak 1 yaitu kelas VIII-1 sebanyak 30 orang siswa. Data penelitian ini dikumpul dengan menggunakan angket tertutup berskala Likert untuk variabel minat belajar siswa serta prestasi belajar siswa berbentuk objektif tes. Uji validitas untuk analisis butir angket minat belajar matematika dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Koefisien Alpha. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa angket minat belajar siswa pada pelajaran matematika diperoleh 18 butir yang valid dari 20 butir dengan koefisien reliablitasnya 0,809. Uji validitas untuk analisis butir tes atau soal prestasi belajar matematika dengan menggunakan rumus Kudder Richardson. Dari hasil coba instrumen tes atau soal diperoleh 8 yang valid dari 10 butir soal dengan koefisien reliablitas 0,940. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan teknik analisis regresi dan korelasi. Sebelumnya dilakukan uji normalitas, seluruh variabel penelitian berdistribusi normal. Dalam penelitian ini, hasil analisis data menujukkan bahwa ada atau terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP (koefisien korelasi = 0,439) dengan persamaan regresi Y = 30,99 + 0,38 X, artinya ada sekitar 20,38% varians yang terjadi pada prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas VIII SMP yang dapat dijelaskan oleh minat siswa terhadap belajar pada pelajaran matematika. | en_US |