dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel penelitian eksperimen (VII-1). Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan komunikasiY ̂= 16,50+0,79Xdan persamaan regresi untuk kemampuan pemecahan masalah yaitu Y ̂= 2,042+0,951X. Untuk uji keberartian regresi kemampuan komunikasi diperoleh Fhitung = 42,51 dengan nilai Ftabel = 4,20 dengan demikian Fhitung >Ftabel sehingga Ha diterima, Ho ditolak. Sedangkan uji keberartian untuk kemampuan pemecahan masalah diperoleh Fhitung = 51,82 dengan nilai Ftabel = 4,20 dengan demikian Fhitung >Ftabel sehingga Ha diterima, Ho ditolak. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2019/2020. | en_US |