Show simple item record

dc.contributor.authorSihotang, Dien Maryati
dc.date.accessioned2020-09-04T06:43:57Z
dc.date.available2020-09-04T06:43:57Z
dc.date.issued2020-06-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4089
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel penelitian eksperimen (VII-1). Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan komunikasiY ̂= 16,50+0,79Xdan persamaan regresi untuk kemampuan pemecahan masalah yaitu Y ̂= 2,042+0,951X. Untuk uji keberartian regresi kemampuan komunikasi diperoleh Fhitung = 42,51 dengan nilai Ftabel = 4,20 dengan demikian Fhitung >Ftabel sehingga Ha diterima, Ho ditolak. Sedangkan uji keberartian untuk kemampuan pemecahan masalah diperoleh Fhitung = 51,82 dengan nilai Ftabel = 4,20 dengan demikian Fhitung >Ftabel sehingga Ha diterima, Ho ditolak. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2019/2020.en_US
dc.subjectTeam Assisted Individualizationen_US
dc.subjectkemampuan komunikasien_US
dc.subjectPemecahan Masalahen_US
dc.subjectmateri aritmatika sosialen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2019/2020en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record