Browsing Pendidikan Bahasa Indonesia by Title
Now showing items 343-362 of 491
-
Pengaruh Model Think Talk Write (TTW) TerhadapKemampuanMenulisTeksBeritaOlehSiswaKelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan Mandailing Natal TahunPembelajaran 2018/2019
(2018-09-27)Masalahdalampenelitianiniadalahpengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadapkemampuanmenulisteksberitaolehsiswakelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan Mandailing Natal TahunPembelajaran 2018/2019. Penelitianinibertu ... -
PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUATAMU) DALAM MENYAJIKAN TEKS PERSUASI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
(2018-10-03)Menurut UU No 20 Tahun 2003,” Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi didirinya untuk memiliki kekuatan ... -
Pengaruh Model VAK (visual,auditory,kinestetic) Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2019/2020’
(2019-09-22)Bahasa merupakan sarana pembentukan kemampuan berpikir manusia. Pembelajaran bahasa Indonesia itu ada empat keterampilan yang harus dikuasai yaitu keterampilan menyimak, keterampilan membaca, keterampilan berbicara, dan ... -
PENGARUH MODELPROBING PROMPTINGTERHADAP KEMAMPUANMENYIMPULKAN TEKS PROSEDUR PADASISWA KELASVIISMPSWASTA SANTO PAULUSMEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2018/2019
(2018-09-27)Mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki peran penting bagi setiap peserta didik karena dengan mempelajari bahasa Indonesia mereka dapat menggunakan bahasa Indonesia itu sendiri dengan baik benar. Seperti yang kita ketahui ... -
Pengaruh Pemahaman Istilah Terhadap Kemampuan Membaca Cepat Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Bersama Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015.
(2015-02-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa memahami istilah bahasa yang terdapat dalam teks bacaan dan untuk mengetahui kemampuan membaca cepat siswa kelas XI di Sekolah SMA Swasta Bersama Berastagi Tahun ... -
Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Cartoon Story Maker Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Fase D Di SMA perguruan Teladan Medan
(2024-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Cartoon Story Maker Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Kelas X Di SMA Perguruan Teladan Medan. Penelitian ini termasuk ... -
PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERMEDIA SERBANEKA TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENULIS TEKS SLOGAN DI PADA FASE D SMP PERGURUAN TELADAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024
(2024-05-17)Penelitian ini berujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran Berdiferensiasi Bermedia Serbaneka Terhadap kemampuan menulis Peserta didik menulis Teks slogan Fase D SMP Perguruan Teladan Medan T.A.2023/2024. ... -
Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi bermedia aplikasi wordwall terhadap kemampuan memahami teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan 2023/2024.
(2024-05-17)Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak pembelajaran berdiferensiasi bermedia wardwall terhadap kemampuan memahami teks deskripsi siswa kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan pada tahun pembelajaran 2023/2024. Populasi ... -
Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Bermodel Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Fase F Di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2023/2024
(2024-05-22)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi bermodal Project Based Learning terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa fase F kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun ajaran 2023-2024. ... -
PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERMODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI PADA FASE D(VIII) SMP NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024
(2024-05-22)Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Negeri 11 Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi bermodel Project Based Learning pada siswa fase D (VIII) SMP Negeri 11 Medan. Penelitian ini ... -
PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA-SISWI SMA GAJAH MADA MEDAN KELAS X TAHUN AJARAN 2023/2024
(2023-12-14)Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa-Siswi SMA Gajah Mada Medan Kelas X Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis ... -
PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA-SISWI KELAS VIII SMP HKBP SIDORAME TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
(2023-11-09)Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa-siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ... -
Pengaruh Penayangan Video Tutorial Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kandis Tahun Ajaran 2018/2019
(2018-10-09)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penayangan video tutorial terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah ... -
PENGARUH PENDEKATAN MULTIMODAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN
(2023-11-08)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Multimodal Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif ... -
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERNUANSA ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA/I KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024
(2023-11-08)Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 37 Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 180 ... -
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SIEMPAT NEMPU SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2018/2019
(2018-09-18)Dalam kompetensi dasar Bahasa Indonesia kurikulum 2013, salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa tigkat SMP yaitu mampu menulis teks laporan hasil observasi. Teks Laporan Hasil Obsevasi merupakan teks yang berisi ... -
PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SCHOLOGY TERHADAP PENGEMBANGAN HASIL LITERASI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA FREE METHODIST 2 MEDAN
(2024-01-22)Development of literacy results based on project based learning Before using schology application learning in the experimental class at FREE Methodist 2 Medan Private High School without a teacher using Learning Media, the ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP YAYASAN HKBP SIDORAME MEDAN T.A 2023/2024
(2024-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Discovery Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ... -
Pengaruh Penerapan Metode Index Card Match (Mencari Pasangan Kartu) Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas I SMA Negeri 1Doloksanggul Tahun Ajaran 2019/2020.
(2019-09-20)Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Doloksanggul Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 kelas dengan keseluruhan populasi kelas XI yaitu 353 siswa, Dari Populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 72 siswa ... -
Pengaruh Penerapan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap Kemampuan Menulis Iklan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2019/2020
(2019-09-20)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap Kemampuan Menulis Iklan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran ...