Pengaruh Penerapan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap Kemampuan Menulis Iklan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap Kemampuan Menulis Iklan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas dengan keseluruhan populasi kelas VIII yaitu 180 siswa. Dari
populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 siswa dengan total dua kelas yang dipilih secara cluster sampling yaitu kelas VIII-A dan VIII-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa essay penugasan di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis menggunakan uji “t”.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf signifikan ∝ = 0,05. Dari data perhitungan thitung > ttabel (6,667>2,000). Dengan demikian hipotesis nihil bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis iklan.