Show simple item record

dc.contributor.authorBerutu, Sapriyani
dc.date.accessioned2018-03-13T07:11:27Z
dc.date.available2018-03-13T07:11:27Z
dc.date.issued2017-09-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/375
dc.description.abstractpenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan kooperatif tipe berpikir berpasangan berbagi efektif meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Silima Pungga-Pungga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII-3 SMP Negeri 1 silima pungga-pungga tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setelah diberikan tindakan Pada siklus I, untuk kemampuan penalaran matematika siswa nilai individual mencapai 18 orang dari 28 siswa mencapai ketuntasan belajar 65 sedangkan nilai klasikal mencapai 64.28% dan rata-rata kemampuan penalaran matematika mencapai 64.28%. pada siklus II mengalami peningkatan nilai individual yaitu terdapat 24 siswa 65 telah tuntas dalam belajar, nilai secara klasikal meningkat setalah dilakukan tindakan siklus II yaitu 85.71% dan rata-rata 85.71%. pada kemampuan komunikasi matematika siswa pada siklus I,nilai individual 18 orang dari 28 siswa dan mencapai ketuntasan belajar ≥ 65 nilai klasikal yaitu 64.28% dan rata-rata 64.28% pada siklus II mengalami peningkatan nilai individual sebesar 23 siwa ≥ 65. nilai klasikal menjadi 82.14% dan rata –rata sebesar 82.14%. rata-rata penilaian observasi siklus I yaitu 50 dalam kriteria cukup Pada siklus II meningkat sebesar 82.14 dalam kriteria sangat baik, Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe berpikir berpasangan berbagi efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 silima pungga-pungga.en_US
dc.subjectkemampuan penalaran matematikaen_US
dc.subjectkomunikasi matematikaen_US
dc.titleEfektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Berpikir Berpasangan Berbagi dengan Menggunakan Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Mtematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Silima Pungga-Punggaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record