dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran Personalized System of Instruction(X) terhadap kemampuan pemahaman konsep (Y1) dan komunikasi matematis siswa (Y2).
Jenis penelitian ini adalah penelitianquasi eksperimen dengan instrument berupa tes uraian.
Setelah dilakukan perlakuan, makauji linearitas regresi post testuntuk Y1 diperoleh Fhitung < Ftabel atau 1,54 < 2.43dan untukY2diperoleh Fhitung < Ftabel atau 0,043< 2.43 maka H0 diterima sehingga terdapat hubungan yang linear. Uji keberartian regresi antara X terhadapY1diperoleh Fhitung> Ftabel atau 4,98> 4,20 dan antara X terhadapY2diperoleh Fhitung> Ftabel atau 21,03> 4,20. H0 diterima sehingga terdapat pengaruhantara model pembelajaran Personalized System of Instructionterhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa. Korelasi Product Momenthubungan X terhadap Y1diperoleh rhitung= 0,8172danhubungan X terhadapY2diperoleh rhitung= 0,757artinya hubungan antara model pembelajaran Personalized System of Instructionterhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa adalah kuat. Koefisien determinasihubungan X terhadap Y1 diperoleh r2 = 58,76% danhubungan X terhadapY2 diperolehr2 = 42,92%artinya besar pengaruh model pembelajaran Personalized System of Instructionterhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 58,76%dan komunikasi matematis siswa sebesar42,92% Dari hasil penelitian di atas Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran personalized system of instruction (X) terhadap kemampuan pemahaman konsep(Y1) dan komunikasi matematis siswa(Y2) pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMP Parulian 2 Medan T.A 2015/2016. Sehingga model pembelajaran personalized system of instructionmerupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa. | en_US |