dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pendekatan jigsaw berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari sepuluh kelas dan yang menjadi sampel penelitian ini diambil secara random sampling yaitu kelas VIII -4 berjumlah 30 siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persamaan regresinya memiliki hubungan berarti dan memiliki koefisien korelasi (r) sebesar 0,659 dan koefisien determinasi (r2) = 0,698 atau 69,8%, dapat disimpulkan ada pengaruh model pendekatan jigsaw berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 9,8% dijelaskan melalui Y ̂= 36,30+0,621X. Dan hasil persamaan regresinya memiliki hubungan berarti dan memiliki koefisien korelasi (r) sebesar 0,720 dan koefisien determinasi (r2) = 0,521 atau 52,1%, dapat disimpulkan ada pengaruh model pendekatan jigsaw berbantuan macromedia flash terhadap pemecahan masalah matematika siswa sebesar 52,1% dijelaskan melalui Y ̂= 44,41+0,517X. Sehingga diharapkan model pendekatan ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. | en_US |