Show simple item record

dc.contributor.authorLumban Gaol, Yulinar
dc.date.accessioned2018-03-13T06:01:53Z
dc.date.available2018-03-13T06:01:53Z
dc.date.issued2017-09-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/365
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan open-ended berbantu alat peraga, pendekatan ekspositori berbantu alat peraga dan konvensional pada materi operasi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan, dan dipilih tiga kelas yang menjadi sampel, yaitu : kelas VII C sebagai kelas eksperimen 1 diajarkan dengan pendekatan open-ended berbantu alat peraga, kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 diajarkan dengan pendekatan ekspositori berbantu alat peraga dan kelas VII A sebagai kelas kontrol diajarkan dengan konvensional. Dari hasil analisis data diperoleh skor rata-rata yang diajarkan dengan pendekatan open-ended berbantu alat peraga adalah 84,5, skor rata-rata yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori berbantu alat peraga adalah 77,4dan skor rata-rata yang diajarkan dengan konvensional adalah 63,53 Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians diperoleh F_hitung = 17,70 dan 〖 F〗_tabel= 3,10. Ternyata 〖 F〗_hitung>〖 F〗_tabel sehingga H0 ditolak yang berarti ada perbedaan dari ketiga sampel tersebut. Karena H0 ditolak, maka dilanjut ke uji tukey. Dari perhitungan, diperoleh nilai Q_A = 9,24 dan 〖 Q〗_tabel=3,49 sehingga〖 Q〗_A>〖 Q〗_tabel, maka H0 ditolak yang berarti kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada kelas eksperimen 2, nilai Q_B = 27,30 dan 〖 Q〗_tabel=3,49 , sehingga 〖 Q〗_B>〖 Q〗_tabel, maka H0 ditolak yang berarti kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada kelas kontrol, dan nilai Q_C = 18,05 dan 〖 Q〗_tabel=3,49 sehingga〖 Q〗_C>〖 Q〗_tabel, maka H0 ditolak yang berarti kelas eksperimen 2 lebih baik dari pada kelas kontrol.en_US
dc.subjectmenggunakan pendekatan open-ended berbantu alat peragaen_US
dc.subjectpendekatan open-ended berbantu alat peragaen_US
dc.titlePerbedaan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Yang Diajarkan dengan Pendekatan Open-Ended berbantu Alat Peraga dan Yang Diajarkan dengan Pendekatan Ekspositori berbantu Alat Peraga pada Materi Operasi Bilangan Bulat dikelas VII SMP Negeri 37 Medan T.A 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record