EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal. Adapun populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal, dengan sampel yang terdiri dari 30 orang yaitu peserta didik kelas XI MIPA-3 sebagai kelas eksperien. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrument berupa tes uraian yang telah di lakukan uji validitasi instrument serta observasi keterampilan proses peserta didik. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk (Pemecahan masalah) Y = 32,603 + 0,658 X sedangkan untuk (kreativitas matematika) persamaan regresinya : Y = 27,67 + 0,64 X. Pada persamaan regresi kedua kemampuan tersebut di peroleh nilai b bertanda positif, artinya ke tiga variable mempunyai hubungan linear yang positif. Dari uji ke berartian regresi diperoleh bahwa ada pengaruh antara model Problem Based Instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah dan krestivitas matematika peserta didik. Hasil koefisien korelasi pemecahan masalah di peroleh nilai = 0,7013 dan kreativitas matematika diperoleh r = 0,6440, berarti terdapat hubungan yang kuat antara model Problem Based Instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematika. Dan dari uji ke berartian koefisien korelasi diperoleh hubungan yang kuat antara model Problem Based Instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah kreativitas matematika. Koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y1 diperoleh r2 = 0,49,19, yang berarti bahwa 49,19% kemampuan pemecahan masalah di pengaruhi oleh model Problem Based Instruction. Selanjutnya koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y2 diperoleh r2 = 0,4148, yang berarti bahwa 41,48% kemampuan kreativitas matematika peserta didik dapat di pengaruhi oleh model Problem Based Instruction , sehingga disimpulkan terdapat model Problem Based Instruction efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreatifitas matematika peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]