EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWAKELAS VII SMP NEGERI 37 MEDAN
Abstract
Penelitianini adalah penelitian analisis deskriptifbertujuanuntuk mengetahui apakah model pembelajaran pencapaian konsep efektif digunakan pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII-1 SMP Negeri 37 Medan.Objekdalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ngeri 37 Medan.VII-1 yang diajar model pencapaian konsep.Ada 3 indikator yang digunakan peneliti untuk mengetahui apakah model pembelajaran pencapaian konsep efektif digunakan. Indikator tersebut yaitu: daya serap materi pelajaran,waktu normal dengan waktu ketercapaian dalam mengajar dan kesesuaian materi dengan strategi, penyampaian materi pelajaran, komunikasi guru dengan siswa. Peneliti melakukan postest untuk mengetahui daya serap siswa terhadap materi pembelajaran. Daya serap dilihat dari ketuntasan perseorangan dan klasikal. kentuntasan perseorangan terdapat 25 orang siswa yang tuntas dan 5 orang siswa tidak tuntas. Ketuntasan secara klasikal 86,66%, karena ketuntasan klasikal > 85% dari jumlah seluruh siswa dikelas maka, kelas VII-1 tuntas secara klasikal. Peneliti membandingkan waktu normal dengan waktu ketercapain untuk melihat keefektifan pembelajaran dengan menggunakan dua observator. Skor rata-rata waktu normal dengan waktu ketercapaian 4,0. Jika dibandingkan dengan interval kemampuan guru mengajar maka waktu ketercapaian tergolong kategori baik. Kriteria kemampuan guru mengajar dengan menggunakan lima orang observator. Hasil skor rata-rata indikator 4,39 (kategori baik). Dengan analisis deskriptif setiap indikator keefektifan dan dibandingkan dengan kemampuan guru mengajar maka model pencapaian konsepterhadap kemampuan komunikasidanpemecahan masalah matematika pada pokok bahasan aritmatikasosial efektif digunakan di kelas VII-1 SMP Negeri 37 Medan.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]