. Pengaruh Pemberian Bahan Ajar Dengan Alur Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Operasi Aljabar Di Kelas VIII SMPNegeri 37Medan T.A. 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah ada PengaruhPemberian Bahan Ajar Dengan Alur Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Operasi Aljabar Di Kelas VIII SMPNegeri 37Medan T.A. 2016/2017. Sampel yang terdiridari 30 orang yaitu siswa kelas VIII-1sebagaikelas eksperimen. Setelah dilakukan penelitian didapat nilai rata-rata hasilobservasi pada kelas eksperimen 17,03. Dari hasilanalisis data observasikelaseksperimendiperolehLhitung= 0,0960 danLtabel= 0,161atauLhitung<Ltabel. Sehinggadisimpulkan data observasikelasesperimenberdistribusi normal.Nilai rata-rata hasilpost-testkemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen 21,8 dan 22,43. Dari hasilanalisis data post-testkelaseksperimendiperolehLhitung= 0.0956 dan 0,0905 danLtabel = 0.161atauLhitung<Ltabel. Sehinggadisimpulkan data post-testkelaseksperimenberdistribusi normal. Olehkarena data berdistribusi normal makadilanjutkan dengan uji kelinieran regresi dan ujihipotesis data post-testkemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif padasampeldiperolehFhitung= 1,45 dan 1,22, makaFhitung<Ftabelmaka Ha diterimamaka artinya model regresi linear, maka di lanjutkankeujihipotesis yaitu uji keberartian regresidandiperolehFhitungkemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif 9,18 dan 5,08 dengan Ftabel = 4,20. DengandemikiankarenaFhitung>Ftabelmaka Ha diterima, dengan persamaan regresinya adalah :Y ̂ = 11,24 + 0,62 Xdan Y ̂ = 14,76 + 0,45 XsehinggavariabelXmempunyaipengaruh yang berartiterhadapvariabelY1 dan Y2. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif diperoleh r^2=23% dan 14 %, yang berarti bahan ajar dengan alur contextual teaching and learningterhadap kemampuan berpikir kritis mempunyai pengaruh sebesar 23% dan kemampuan berpikir kreatif 14%,sedangkan sisanya 77% dan 86% dipengaruhi oleh faktor lain.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]