Show simple item record

dc.contributor.authorSiahaan, Asril Parulian
dc.date.accessioned2018-03-13T04:43:06Z
dc.date.available2018-03-13T04:43:06Z
dc.date.issued2017-03-26
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/356
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Group Investigation terhadap pemahaman konsep matematika pada materi bangun datar segi empat di kelas VII semester II SMP parulian 1 Medan. Instrumen penelitian yang diberikan kepada sampel sebanyak 32 di kelas VII1 terlebih dahulu di uji coba dan dinyatakan instrumen penelitian adalah valid. karena manggunakan rumus product moment diperoleh hasil perhitungan koefisien validitas terendah 0 dan koefisien validitas tertinggi 0,8885 sehingga 5 butir tes yang terpilih adalah valid, dengan menggunakan rumus Alpha untuk ter bentuk uraian diperoleh hasil perhitungan koefisien reliabilitas tes sebesar 0,7258 dan jika dibandingkan dengan nilai r_tabel harga kritik r product moment untuk taraf signifikan α = 0,05 dan n=25 maka diperoleh r_tabel = 0,349, ternyata r_hitung > r_tabel maka instrumen tersebut adalah reliabel, dengan menggunakan statistika uji t diperoleh t_hitung terendah 0 dan t_hitung tertinggi 7,276 dan jika dibandingkan dengan harga t_tabel statistika sebaran untuk taraf signifikan α= 0,05 n_u,n_a= 9 maka harga t_tabel= t_(1-α;n_u-2)= t_(0,975;16)=2,12 ternyata t_hitung> t_tabel maka daya pembeda instrumen penelitian signifikan. Dengan menggunakan uji liliefors untuk menguji normalitas data skor pemahaman konsep matematika siswa diperoleh L_(hitung )=0,1289 jika dibandingkan dengan L_(tabel ) untuk n=30 dan taraf signifikan α= 0,05 yakni L_(tabel )=0,161 ternyata L_hitung<L_tabel maka data hasil pemahaman konsep matematika siswa tersebut berdistribusi normal. Oleh karena kedua data berdistribusi normal maka dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan skor pemahaman konsep matematika siswa diperoleh hasil uji hipotesis berdasarkan uji keberartian regresi dan uji kelinieran regresi. Uji keberartian regresi dengan menggunakan uji F diperoleh F_hitung = 90,15, dan jika dibandingkan dengan F_tabel untuk taraf signifikansi 5% = 4,20 ternyata F_hitung> F_tabel maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, sehingga harga F_hitung adalah signifikan. Sedangkan uji kelinieran regresi dengan menggunakan uji F diperoleh F_hitung =0,94, dan jika dibandingkan dengan F_tabel untuk taraf signifikansi 5% = 2,49 ternyata F_hitung < F_tabel maka H_0 diterima berarti model regresi linier.en_US
dc.subjectpemahaman konsep matematikaen_US
dc.subjectmetode Group Investigationen_US
dc.titlePENGARUH METODEPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI KELAS VII SEMESTER II SMP PARULIAN 1 MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record