Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Eka Mega Adika Medan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empat baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen pada PT. Eka Meda Adika Medan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif, waktu penelitian dimulai bulan Januari – Agustus 2019. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan PT. Eka Meda Adika Medan sebanyak 376 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 79 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda, uji F dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dan diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 0,711 + 0,227X1 + 0,244X2 + 0,2275X3 + 0,199X4 + 0,299X5. Variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada PT. Eka Meda Adika Medan. Nilai RSquare (R2) sebesar 0,889. Artinya, variable loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh variable bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati sebesar 88,9%.
Collections
- Manajemen [955]