Show simple item record

dc.contributor.authorPanggabean, Nopita Sentiana
dc.date.accessioned2018-03-13T03:24:47Z
dc.date.available2018-03-13T03:24:47Z
dc.date.issued2016-09-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/348
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategipembelajaran metakognitif terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa kela VIII SMP Negeri 1 Parmonangan T.A. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parmonangan T.A> 2015/2016. Dengan teknik Sample Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-C). Instrumen yang digunakan adalah post-test yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi siswa dengan strategi metakognitif. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata – rata kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran adalah 69,90 dengan standart deviasi 15,13. Sedangkan Metakognitif untuk observasi, rata – ratanya adalah 18,8 dengan standart deviasi 2,96. Hasil prasyarat data post-test menyatakan sampel berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis regresi (α=0,05). Dari hasil uji linearitas regresi diperoleh karena 1,2627<2,84 maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga kedua variabel mempunyai hubungan yang linear dengan persamaan regresiY ̂= -7,442 + 4,099X maka kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Dari hipotesis regresi diperoleh 36,29> 4,28sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y. Kemudian dari koefisien korelasi diperoleh 6,004>2,09 ini berarti terdapat pengaruh yang sangat kuat antara strategi pembelajaran Metakognitif terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa selanjutnya dari koefisien determinasi diperoleh 63,0473 % artinya bahwa variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 63,0473 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran metakognitif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.en_US
dc.subjectstrategipembelajaran metakognitien_US
dc.subjectberfikir kreatif matematikaen_US
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Parmonanganen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record