dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategipembelajaran metakognitif terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa kela VIII SMP Negeri 1 Parmonangan T.A. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parmonangan T.A> 2015/2016. Dengan teknik Sample Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-C). Instrumen yang digunakan adalah post-test yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi siswa dengan strategi metakognitif.
Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata – rata kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran adalah 69,90 dengan standart deviasi 15,13. Sedangkan Metakognitif untuk observasi, rata – ratanya adalah 18,8 dengan standart deviasi 2,96. Hasil prasyarat data post-test menyatakan sampel berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis regresi (α=0,05). Dari hasil uji linearitas regresi diperoleh karena 1,2627<2,84 maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga kedua variabel mempunyai hubungan yang linear dengan persamaan regresiY ̂= -7,442 + 4,099X maka kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Dari hipotesis regresi diperoleh 36,29> 4,28sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y. Kemudian dari koefisien korelasi diperoleh 6,004>2,09 ini berarti terdapat pengaruh yang sangat kuat antara strategi pembelajaran Metakognitif terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa selanjutnya dari koefisien determinasi diperoleh 63,0473 % artinya bahwa variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 63,0473 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran metakognitif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa. | en_US |