PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TRADE A PROBLEM DENGAN REWARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI I DOLOK PARDAMEAN T.P 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Trade A Problem dengan Reward terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi kubus dan balok di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Pardamean T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Pardamean T. P 2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII-3 yang berjumlah 30 siswa.
Dengan menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data skor kemampuan pemecahan masalah diperoleh LHitung = 0,091 dan data skor kemampuan pemahaman matematis diperoleh LHitung = 0,137 jika dibandingkan untuk pada taraf signifikan ternyata maka kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman matematis siswa tersebut berdistribusi normal.
Dari hasil uji signifikasi regresi dan uji linieritas regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Trade A Problem terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Dolok Pardamen. Kontribusi strategi pembelajaran Trade A Problem terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika pada materi kubus dan balok sebesar 49,4% dijelaskan melalui hubungan dan kontribusi strategi pembelajaran Trade A Problem terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dalam pembelajaran matematika pada materi kubus dan balok sebesar 68,9% dijelaskan melalui hubungan
Collections
- Pendidikan Matematika [662]