dc.description.abstract | PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiPengaruh Pemberian Bahan Ajar BerbasisPendekatanMatematikaRealistikterhadapKemampuanPemahamanMatematisdanPemahaman KonsepSiswaKelas VIII SMP Negeri 19 Medan.
Jenispenelitianiniadalaheksperimendenganpopulasipenelitianyaituseluruhsiswakelas VIII SMP Negeri 19 Medan T.A 2016/2017. DenganteknikSimple Random Sampling, diperolehsampelpenelitiankelaseksperimen (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentukuraian yang telah dilakukanujivalidasi instrument serta lembar observa sisiswa.
Setelah dilakukan perlakuan, diperolehnilai rata-rata post-testpemahamanmatematisdanpemahamankonseppadakelaseksperimen 21,8dan 22,43 denganstandardeviasi3,99 dan 3,68. Hasilujiprasyarat data post-testmenyatakansampelberdistribusi normal. Olehkarena data berdistribusi normal makadilanjutkandenganujikelinieranregresidanujihipotesis data post-testpemahamanmatematisdanpemahamankonseppadasampeldiperolehFhitung= 1,45dan 1,22, makaFhitung<FtabelmakaHa diterimamakaartinya model regresi linear, maka di lanjutkankeujihipotesisyaituujikeberartianregresidandiperolehFhitungpemahamanmatematisdanpemahamankonsep 9,18dan 5,08 denganFtabel = 4,20. DengandemikiankarenaFhitung>FtabelmakaHa diterima, denganpersamaanregresinyaadalah:Y ̂ = 11,24 + 0,62 XdanY ̂ = 14,76 + 0,45 XsehinggavariabelXmempunyaipengaruh yang berartiterhadapvariabelY1danY2. Berdasarkanhasilperhitungankoefisiendeterminasipemahamanmatematisdanpemahamankonsepdiperolehr^2=23% dan 14 %, yang berartibahan ajar berbasismatematikarealistikterhadapkemampuanpemahamanmatematismempunyaipengaruhsebesar 23% dan pemahaman konsep 14%,sedangkansisanya 77% dan 86%dipengaruhiolehfaktor lain. Sehinggadisimpulkanbahwaterdapatpengaruhantarabahan ajar berbasispendekatanmatematikarealistikterhadapkemampuanpemahamanmatematisdanpemahamankonsepsiswakelas VIII SMP Negeri 19 Medan. | en_US |