Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Bahan Ajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Peserta Didik Di Kelas X SMK Maju Di Besitang T.P. 2018/2019
Abstract
seluruh siswa kelas X SMK. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (X- TKJ). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi aktivitas peserta didik.
Berdasarkan uji keberartian regresi diperoleh rhitung > rtabel atau 0,920 > 0,361 maka, H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada keberartian yang berarti antara penggunaan Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuhan Bahan Ajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Peserta Didik. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata – rata hasil kreativitas peserta didik pada kelas eksperimen 87,5 dari rata-rata post-test untuk kemampuan pemecahan masalah 90,62. Berdasarkan indikator efektifitas diperoleh ketuntasan belajar secara individual, terdapat 28 peserta didik yang tuntas dalam belajar yang memperoleh nilai ≥ 68 untuk kemampuan pemecahan masalah, sedangkan ketuntasan belajar kemampuan pemecahan masalah secara klasikal adalah sebesar 85% data kreativitas peserta didik adalah sebesar 87,5 data kreativitas peserta didik mencapai nilai 60, dan alokasi waktu memiliki rata-rata 3,0 dan masuk dalam katagori baik dan hasil pengamatan observasi aktivitas guru dalam menggunakan model problem based instruction masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa efektifitas model pembelajaran Problem Based Instruction berbantuan bahan ajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Peserta Didik Di Kelas X SMK Maju Di Besitang pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel sehingga model PBI ini baik untuk digunakan guru dalam pembelajaran.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]