Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong T.A 2018/2019
Abstract
Penelitiam ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong .
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri Siborongborong. Subjek dalam penelitian adalah 30 peserta didik yang diperoleh dengan tehnik random sampling pada peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data diberikan setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik pada mteri sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Tes yang diberikan terdiri dari 4 soal bentuk urain.
Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah 76,2 dan pemecahan masalah adalah 78,2 dengan standar deviasi 10,5. Sedangkan nilai rata-rata observasi 75,8 dengan standar deviasi 14,8. Berdasarkan nilai kemampuan pemahaman konsep diperoleh persamaan regresiY ̂= 26,9 + 0,68xdan pemecahan masalah peserta didik diperoleh persamaan regresi Y ̂= 26,9 + 0,68x artinya setiap kenaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik sebesar 1 satuan akan meningkat terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah sebesar 0,68 satuan. Hasil perhitungan determinasi diperoleh sebesar r2 = 91,9% artinya bahwa pengembangan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik sebesar 91,9% sedangkan sisanya 8,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik dapat digunakan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [641]