Pengaruh Model Pembelajaran Means – Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh model Means – Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan melusis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jumlah populasi yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 197 orang. Dari jumlah keseluruhan siswa tersebut maka sampel yang akan diambil dari populasi berjumlah 33 siswa yang akan dipilih menggunakan teknik cluster sampling.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one grup pretest posttest. Instrument penelitian ini berupa tes subjektif yang dilakukan dua kali yakni pada prettest dan posttest. Sebelum melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan pengujian data, kemudian uji persyaratan analisis (normalitas dan homogenitas).
Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan pada prettest dengan mean 43,54, standar deviasi 44,73, dan standar error 7,91. Uji normalitas pretest L_hutung < L_tabel (0,1018 < 0,1543) normal sedangkan pada postets dengan mean 79,96, standar deviasi 80,03 dan standar error 14,16 dan pada uji normalitas posttest L_hutung < L_tabel (0,1195 < 0,1543) keduanya normal. Kemudian data homogenitas uji hipotesis hasil F_hitung 1,0 dan F_tabel 1,84. Maka t_hitung 5,82 > t_tabel 1,69, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Means – Ends Analysis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuam menulis teks berita pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pengajaran 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]