Show simple item record

dc.contributor.authorBr. Ginting, Diska
dc.date.accessioned2019-12-02T02:40:26Z
dc.date.available2019-12-02T02:40:26Z
dc.date.issued2019-09-10
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3458
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran model pembelajaran Snowball Throwing dibantu alat peraga terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data dengan Observasi dan Test. Sebelum di uji cobakan kepada siswa terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk (pemahaman konsep) yaitu:Y ̂=23,025+0,725 X, sedangkan untuk (pemecahan masalah matemati siswa) persamaan regresinya: Y ̂=15,405+0,808 X. Pada persamaan regresi kedua kemampuan tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya bahwa ketiga variabel mempunyai hubungan linier yang positif. Dari uji keberartian regresi (pemahaman konsep) diperoleh 18,525 > 4,17 maka Ha diterima sehingga variable X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y1 dan untuk (pemecahan masalah matematis siswa) diperoleh 15,36 >4,17 maka Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y2. Hasil perhitungan koefisien korelasi pada pemahaman konsep r = 0,618 dan pemecahan masalah matematis siswa r = 0,583 berarti hubungan pendekatan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa adalah sedang. Dari uji keberartian koefisien (pemahaman konsep) diperoleh Fhitung = 4,307 dan (pemecahan masalah matematis siswa) Fhitung = 3,929 dan Ftabel = 2,042. Untuk kemampuan pemahaman konsep Fhitung > Ftabel maka Ha diterima yang berarti ada hubungan yang berarti pada X terhadap Y1. Sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah Fhitung > Ftabel maka Ha diterima, maka ada hubungan yang berarti pada Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Koefisien determinasi pada hubungan model pembelajaran Snowball Throwing (X) terhadap kemampuan berpikir kreatif (Y1) diperoleh r2 = 38,17% dan koefisien determinasi pada hubungan pendekatan model pembelajaran Snowball Throwing (X) terhadap pemecahan masalah matematis siswa (Y2) diperoleh r2 = 33,87% dari hasil di atas dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah sehingga model pembelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.en_US
dc.subjectmodel pembelajaran Snowball Throwingen_US
dc.subjectAlat Peraga,en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing dibantu Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Tigabinangaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record