Show simple item record

dc.contributor.authorOmpusunggu, Riris Octavia
dc.date.accessioned2019-12-02T02:35:22Z
dc.date.available2019-12-02T02:35:22Z
dc.date.issued2019-09-06
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3457
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Penguatan dapat meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Medan berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes dan observasi. Berdasarkan refleksi siklus I, dilakukan perbaikan pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal motivasi pada siklus I sebesar 36,67% dan kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 56,67%, dan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal motivasi meningkat menjadi 96,67% dan kemampuan pemecahan masalah matematis meningkat menjadi 83,33%. Ketuntasan belajar individual pada siklus I motivasi hanya 11 orang peserta didik dan kemampuan pemecahan masalah matematis hanya 1 orang yang memperoleh nilai ≥ 65, dan pada siklus II meningkat menjadi 29 orang untuk motivasi dan 25 orang untuk kemampuan pemecahan masalah matematis yang memperoleh nilai ≥ 65. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Penguatan dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan.en_US
dc.subjectMetode Penemuan Terbimbing,en_US
dc.subjectPenguatan,en_US
dc.subjectmotivasi,en_US
dc.subjectkemampuan pemecahan masalah matematisen_US
dc.titleMeningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Penguatan pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.P. 2019/2020en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record