• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 28 MEDAN T. A. 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Septian Anderson.pdf (413.7Kb)
    Date
    2016-09-10
    Author
    Anderson, Septian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar di Kelas VII SMP Negeri 28 Medan T. A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan T.A 2016/2017. Dengan teknik Two Stay Two Stray (TSTS) diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-C). Instrumen yang digunakan adalah tes hasli belajar siswa dengan bentuk soal esay yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta lembar observasi keterampilan proses siswa. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, hasil perhitungan analisa regresi diperoleh persamaan regresi (pemecahan masalah) yaitu: Y ̂= 3,809 + 0,902 X dan (komunikasi) persamaan regresinya: Y ̂= 18,577+0,706X. Pada persamaan regresi kedua kemampuan tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya ketiga variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Dari uji keberartian regresi diperoleh bahwa ada pengaruh antara Model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika siswa. Hasil koefisien korelasi pemecahan masalah diperoleh r = 0,853 dan komunikasi diperoleh nilai r = 0,755, berarti terdapat hubungan yang kuat antara model Two Stay Two Stray dengan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa. Dan dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh hubungan yang kuat antara Model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi. Koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y1 diperoleh r^2 = 72,8%, yang berarti bahwa 72,8% kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dipengaruhi oleh model Two Stay Two Stray. Selanjutnya koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y2 diperoleh r^2 = 57,0%, yang berarti bahwa 57,0% kemampuan komunikasi matematika dipengaruhi oleh model Two Stay Two Stray, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa, sehingga Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/345
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback