Show simple item record

dc.contributor.authorSimanjuntak, Jonathan
dc.date.accessioned2019-11-30T03:41:41Z
dc.date.available2019-11-30T03:41:41Z
dc.date.issued2019-09-18
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3449
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa antara yang mendapat pendekatan Ilmiah dengan yang mendapatkan pendekatan Kontekstual pada materi Transformasi Di Kelas VII SMP Swasta Tri Sakti Lubuk T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam. Dimana pengambilan sampel dipilih menggukan Purposive Sampling dengan menetapkan pertimbangan-pertimbangan atau kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh sampel yang digunakan. Salah satu kriteria yang dimaksud yaitu setiap kelas eksperimen yang menjadi sampel harus memiliki kemampuan yang homogen, banyak sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas. Kelas pertama dengan pendekatan ilmiah dan kelas kedua sebagai kelas pendekatan kontekstual, masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest, post test dan lembar observasi terhadap guru dan siswa. Sebelum perlakuan diterapkan terlebih dahulu dilakukan pretest sehingga diperoleh nilai rata-rata kelas Pendekatan Ilmiah adalah 10,83 dan nilai rata-rata pada kelas Pendekatan Kontekstual adalah 11,29 dengan hasil pengolahan data pada pretest diperoleh bahwa kedua kelas tersebut tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Setelah dilakukan pretest dan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas ekperimen, diperoleh nilai rata-rata post test kelas Pendekatan Ilmiah adalah 69,59 dan nilai rata-rata kelas Pendekatan Kontekstual adalah 74,12. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t dimana thitung > ttabel (-2,089 < -1,998) sehingga terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa/i antara yang mendapatkan pendekatan ilmiah dan pendekatan kontekstual . Berdasarkan hasil pretest diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Namun setelah dilakukannya perlakukan yang berbeda, kedua kelas tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Dimana nilai rata-rata posttes pada kelas Pendekatan Kontekstual lebih besar dibandingan nilai rata-rata pada kelas Pendekatan Ilmiah. Artinya pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan Pendekatan Ilmia terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi transformasi di kelas VII SMP Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam T.P.2018/2019, sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang tepat untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.en_US
dc.subjectPemahaman Konsep Matematis,en_US
dc.subjectPendekatan Ilmiah,en_US
dc.subjectPendekatan Kontekstual,en_US
dc.subjectTransformasien_US
dc.titlePerbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa antara yang mendapat pendekatan Ilmiah dengan yang mendapatkan pendekatan Kontekstual pada materi Transformasi Di Kelas VII SMP Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam T.P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record