PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN SISWA PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI KELAS XI SMA NEGERI 2 RANTAU UTARA T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang terbaik diantara model Problem Based Learning dan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 2 Rantau Utara T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan populasi penelitian ada 5 kelas yaitu seluruh siswa kelas XI. Dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 1 berjumlah 36 siswa.Intrumen yang digunakan adalah test berbentuk uraian. Perhitungan analisis data menggunakan uji t Benferoni test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pendekatan ilmiah terhadap kemampuan siswa pada pemahaman konsep pada materi barisan dan deret, dan Pembelajaran dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pendekatan ilmiah terhadap kemampuan siswa pada pemecahan masalah pada materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 2 Rantau Utara T.P. 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]