Show simple item record

dc.contributor.authorSitanggang, Esy Tantri
dc.date.accessioned2019-11-30T02:02:38Z
dc.date.available2019-11-30T02:02:38Z
dc.date.issued2019-09-17
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3440
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu mengambil satu kelas dari beberapa kelas di populasi. Dalam populasi yang tersebar dalam 4 kelas, diambillah 1 kelas sebagai kelas sampel yakni kelas X IPA 2. Instrumen yang digunakan berupa observasi dan soal post-test berupa soal uraian untuk menguji kemampuan penalaran matematis sebanyak 5 soal yang telah valid dan reliabel. Hasil kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran CUPs diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier positif dengan persamaan regresi Y ̂=-3,5648+0,9475X. Pengaruh model pembelajaran CUPs terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 80,532% dan rata- rata skor Tingkat Kesesuaian Pembeelajaran sebesar 4,71 atau termasuk kategori baik. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam karena memiliki pengaruh yang signifikan dan Tingkat Kesesuaian Pembelajaran (TKP) yang baik. Oleh sebab itu, model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkat kemampuan penalaran matematis siswa.en_US
dc.subjectconceptual understanding procedures,en_US
dc.subjectpenalaran matematisen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam T.P 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record