• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektifitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep di Kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.A 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Eva Ningsih.pdf (305.9Kb)
    Date
    2016-09-20
    Author
    SIMALANGO, EVA NINGSIH DERMA SARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep di Kelas VII SMP Negeri 17 Medan pada Materi Segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian: siswa kelas VII-7 dengan jumlah 34 orang dan objek penelitian: pembelajaran dengan menggunakan model pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika siswa di SMP Negeri 17 Medan pada Materi Segitiga. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat bagaimana model pembelajaran dilaksanakan dan tes untuk melihat kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil analisis data tes hasil belajar untuk pemahaman konsep diperoleh pada siklus I persentase siswa yang tuntas 41.2% meningkat pada siklus II menjadi 88.2% atau mengalami peningkatan sebesar 47.0%. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan individu sebanyak 14 siswa dan pada siklus II bertambah menjadi 30 siswa. Sedangkan untuk pemecahan masalah dari hasil analisis data tes hasil belajar diperoleh pada siklus I persentase siswa yang tuntas 50% meningkat pada siklus II menjadi 85.3% atau mengalami peningkatan sebesar 35.3%. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan individu sebanyak 17 siswa dan pada siklus II bertambah menjadi 29 siswa. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan pada materi Segitiga. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) efektif digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/337
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback