Show simple item record

dc.contributor.authorSipayung, Yuni Sofrielni
dc.date.accessioned2018-03-13T01:19:34Z
dc.date.available2018-03-13T01:19:34Z
dc.date.issued2014-07-01
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/334
dc.description.sponsorshipTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi pokok luas dan volume kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G sebanyak 23 orang. Berdasarkan hasil perhitungan analisa regresi diperoleh persamaan garis regresi Y ̂ = 44,193 + 0,427 X. Pada persamaan regresi diperoleh regresi (b) = 0,427 bertanda positif, yang artinya bahwa hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa akan bertambah sebesar 0,427 jika model mind mapping meningkat sebesar satu satuan. Dari uji kelinieran regresi diperoleh Fhitung < Ftabel atau -0,272 < 2,94 berarti terdapat hubungan linier dan berarti antara pembelajaran mind mapping dengan kemampuan pemahamn konsep siswa. Dari perhitungan uji regresi diperoleh Fhitung < Ftabel atau -0,272 < 2,94 berarti : ada pengaruh pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan didapat koefisien korelasi (r) = 0,753, berarti: ada hubungan yang kuat antara model mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh (r2) = 56% berarti model mind mapping mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 56% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor – faktor lain. Berdasarkan hasil uji keberartian koefisien korelasi, diperoleh -ttable ,< thitung < ttable ( - 2,04 < 5,21 < 2,04) artinya: terdapat hubungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaran mind mapping dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan luas dan volume kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan. Sebaiknya, model pembelajaran mind mapping diterapkan menjadi alternatif pembelajaran karena dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam proses pembelajaranen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Mind Mappingen_US
dc.subjectkemampuan pemahaman konsepen_US
dc.subjectkubus dan baloken_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Luas Dan Volume Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Medanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record