Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Berpikir Kritis Pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII SMP Maria Goretti Kabanjahe T.P 2018/209
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman siswa pada matematis dan berpikir kritis pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP Maria Goretti Kabanjahe T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimendengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Maria Goretti Kabanjahe T.P 2018/2019. Dengan teknik Simple Random Sampling diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen yaitu kelas VIII-C. Instrumen yang digunakan adalah tes dengan bentuk essay yang telah diuji cobakan.
Setelah dilakukan perlakuan, persamaan regresi untuk kemampuan pemahaman matematis diperoleh Y ̂_1=59,624 + 0,596X sedangkan persamaan regresi untuk kemampuan berpikir kritis Y ̂_2=57,171 + 0,598X. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi hubungan X terhadap Y ̅_1 diperoleh rhitung = 0,24 dan hubungan X terhadap Y ̅_2 diperoleh rhitung = 0,23 artinya hubungan antara model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa adalah sedang. Koefisien determinasi hubungan X terhadap Y1 diperoleh r2 = 45,4% dan hubungan X terhadap Y2 diperoleh r2 = 40,5%. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (X) terhadap kemampuan pemahaman matematis (Y1) dan kemampuan berpikir kritis (Y2) pada materi bangun ruang di SMP Maria Goretti Kabanjahe T.P 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [625]