dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbantu alat peraga dan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik di SMK N 5 Medan T.P 2018/2019. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk pemahaman konsep yaitu:( Y) ̂=-25,011+1,414 X, sedangkan untuk (pemecahan masalah) persamaan regresinya: ( Y) ̂=-40,582+1,438X. Pada kedua persamaan regresi tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya bahwa kedua variabel mempunyai hubungan linier yang positif. Dari uji keberartian regresi untuk pemahaman konsep diperoleh 23,549 > 4,14 dan untuk pemecahan masalah diperoleh 20,836 > 4,14. Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y1 dan Y2 atau ada pengaruh antara Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbantu alat peraga dan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hasil perhitungan koefisien korelasi untuk pemahaman konsep r = 0,614 dan untuk pemecahan masalah r = 0,625 berarti hubungan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbantu alat peraga dan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik adalah sedang/cukup. Dari uji keberartian koefisien korelasi pemahaman konsep diperoleh thitung = 4,468 dan untuk pemecahan masalah diperoleh thitung = 4,599 dengan ttabel= 1,092sehingga thitung > ttabel maka pengujian hipotesis tolak HO dan Ha di terima, maka ada hubungan yang berarti antara Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbantu alat peraga dan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik. Koefisien determinasi pada kemampuan pemahaman konsep (Y1) diperoleh r2 = 41,6% dan untuk pemecahan masalah (Y1) diperoleh r2 = 38,7% dari hasil di atas dapat disimpulkan ada pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbantu alat peraga dan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. | en_US |