Show simple item record

dc.contributor.authorSeptiana, Pinta
dc.date.accessioned2019-11-25T02:41:24Z
dc.date.available2019-11-25T02:41:24Z
dc.date.issued2019-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3309
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pelajaran di kelas. Peneliti menggunakan model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan untuk mengetahui apakah penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi bilangan bulat di Kelas VII SMP Negeri 23 Medan T.P 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini ditetapkan 1 kelas dari 2 kelas yang ada, yaitu kelas VII-B yang berjumlah 30 orang. Adapun Instrumen Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah Tes pemecahan masalah serta observasi. Tes ini terdiri dari Tes Siklus I dan tes Siklus II. Meningkatnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik apabila, pertambahan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah ≥75. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila ≥80% dari seluruh siswa yang memperoleh nilai ≥70 untuk pemecahan masalah, maka hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian dua siklus tersebut diperoleh data pada siklus I dalam kemampuan pemahaman konsep secara klasikal 80%. Dari siklus I sebesar 43,3% dan siklus II sebesar 83,3%. Dengan kata lain, kemampuan pemecahan masalah secara kalsikal 80%. Dari siklus I sebesar 43,3% dan siklus II sebesar 83,3%. Kemampuan pemecahan masalah dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 40%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari siklus I ke siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Project Based Learning dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi bilangan bulat di Kelas VII SMP Negeri 23 Medan T.P 2018/2019.en_US
dc.subjectProject Based Learning,en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePenerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Materi Bilangan Bulat di SMP Negeri 23 Medan Kelas VII T.P.2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record