Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas VII SMP Swasta GKPI Pamen Padang Bulan Medan T.A. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran course review horay (crh) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII SMP Swasta GKPI Pamen Padang Bulan Medan karena efektivitas dalam penelitian ini dapat dilihat dari apakah ada atau tidak ada pengaruh. Oleh karena itu jika terdapat ada pengaruh antara penggunaan model pembelajaran course review horay (crh) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tersebut efektif begitu juga sebaliknya. Dalam penelitian ini indikator efektifitas suatu model pembelajaran ditinjau dari aspek kualitas pembelajaran dan kesesuaian tingkat pembelajaran. Kualitas pembelajaran dilihat dari adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan yang ingin dicapai. Kesesuaian tingkat pembelajaran dilihat dari lembar observasi guru
Koefisien determinasi pada hubungan penggunaan model pembelajaran course review horay (X) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (Y) diperoleh 92,41% , dari hasil di atas dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran course review horay (crh) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa karena ada pengaruh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran course review horay (crh) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa adalah efektif. Dan untuk kesesuaian tingkat pembelajaran diperoleh skor rata-rata yaitu 4.153. Sehingga penggunaan model pembelajaran course review horay dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [626]