• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dibantu Media Peta Konsep terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Materi SPLTV (Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel) Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Defi Romian Munthe.pdf (333.1Kb)
    Date
    2019-09-17
    Author
    Munthe, Defi Romian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dibantu media peta konsep terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen , dengan populasi dalam peneelitian ini adalah kelas X MIA SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2018/2019. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (X MIA 1). Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar dan lembar observasi terhadap guru dan siswa. Berdasarkan nilai kemampuan penalaran peserta didik diperoleh persamaan regresi Y ̂=5,027+0,92X. Hasil perhitungan koefisien determinasi r2 untuk kemampuan pemecahan masalah adalah 0,652 atau 65,20% yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe CIRC dibantu media peta konsep terhadap kemampuan penalaran matematika peserta didik sebesar 65,20%. Persamaan regresi untuk kemampuan komunikasi matematika peserta didik adalah Y ̂ = 14,443 + 0,81 X . Hasil perhitungan koefisien determinasi r2 untuk kemampuan komunikasi matematika peserta didik adalah sebesar 0,586 atau 58,60% yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe CIRC dibantu media peta konsep terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik sebesar 58,60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CIRC dibantu media peta konsep dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3306
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback