• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Pendekatan Matematika Realistik Dan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Baris Dan Deret Kelas XI SMA Negeri 1 Tarutung T.P 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Endang Vebriana Simanjuntak.pdf (288.1Kb)
    Date
    2019-09-17
    Author
    Simanjuntak, Endang Vebriana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Pendekatan Open Ended pada pokok bahasan Baris dan Deret di kelas XI SMA Negeri 1 Tarutung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarutung yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan random sampling. Kelas eksperimen I yaitu kelas XI Mia 2 yang berjumlah 35 orang dan sebagai kelas eksperimen II yaitu kelas XI Mia 3 yang berjumlah 35 orang. Pada sampel diberikan perlakuan yang berbeda yaitu Pendekatan Mateatika Realistik pada kelas eksperimen I dan Pendekatan Open Ended pada kelas eksperimen II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pada kelas eksperimen I Yaitu 74,91 sedangkan rata-rata pada kelas eksperimen II yaitu 67,05. Hasil uji prasyarat data proses menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satupihak (α=0,05). Dari hasil uji t satu pihak dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah matemaika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Ralistik lebih baik daripada pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Open Ended pada pokok bahasan baris dan deret dikelas XI SMA Negeri 1 Tarutung, sehingga diharapkan Pendekatan Matematika Realistik dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3305
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback