Show simple item record

dc.contributor.authorTumangger, Rejeki Suprilana
dc.date.accessioned2019-11-23T03:27:30Z
dc.date.available2019-11-23T03:27:30Z
dc.date.issued2019-09-17
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3302
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada efektivitas pendekatan contextual teaching and learning (CTL) di bantu bahan ajar dan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik Kelas X SMA Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam T.P 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam yang berjumlah 30 orang siswa . Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X SMA IPA1 secara random sampling atau pengambilan secara acak.Dalam penelitian ini indikator efektivitas suatu model diambil dari aspek kesesuaian dengan model,ketuntasan belajar siswa dan daya serap perorangan klasikal. Hasil observasi kemampuan guru mengajar menggunakan Pendekatan Contextual And Learning (CTL) yang di observasi ,dari rata-rata hasil observasi tersebut kategori rata-rata guru termasuk baik yaitu 3,71% dan rata-rata hasil observasi siswa kemampuan sangat baik yaitu 85,70% dari Siklus II sedangkan Siklus I di dapat yaitu 66,93%. Sementara hasil tes kemampuan memahami konsep diperoleh hasil daya serap perorangan rata-rata ≥ 80, daya serap klasikal sebanyak 26 atau ≤ 81,16% dari 30 orang siswa sudah tuntas dalam belajar ,tingkat penguasaan siswa 81,16% yang artinya tingkat penguasaan siswa sudah efektif. Sedangkan hasil tes kemampuan memecahkan masalah diperoleh hasil serap perorangan rata-rata ≥ 80,daya serap klasikal diperoleh 25 atau 81,26% dari 30 orang siswa sudah tuntas dalam belajar,tingkat penguasaan siswa 81,26% yang artinya tingkat penguasaan siswa sudah efektif . Demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan dibantu bahan ajar dan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X SMA Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam T.P. 2018/2019 adalah meningkat.en_US
dc.subjectModel CTL,en_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep,en_US
dc.subjectPemecahan Masalah.en_US
dc.titleEfektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Bantu Bahan Ajar dan LKS Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMA Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam T.P2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record