dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Turnamen efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangaribuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1Pangaribuan yang terdiri atas 7 Kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-6 yang dipilih secara simple random sampling yang terdiri dari 30 orang peserta didik. Persamaan regresi dari hasil penelitian ini adalah Y ̂_1=19,581+0,760X dan Y ̂_2=15,156+0,815X, pada persamaan regresi b1 = 0,760 dan b2 = 0,815. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi untuk kemampuan pemahaman matematis diperoleh r_xy=0,7434 dan kemampuan pemecahan masalah diperoleh rxy = 0,7038 , hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan Turnamen terhadap kemampuan pemahaman matematis dan sedang untuk kemampuan pemecahan masalah. Dan koefisien determinasi kemampuan pemahaman matematis adalah〖 r〗^2=0,5527 atau 55,27% dan kemampuan pemecahan masalah r^2=0,5250 atau 50,50%, hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis dan pemecahan masalah peserta didik dipengaruhi model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Turnamen sebesar 55,27% dan 52,50%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. | en_US |