Show simple item record

dc.contributor.authorPurba, Dian Novita
dc.date.accessioned2019-11-22T05:39:51Z
dc.date.available2019-11-22T05:39:51Z
dc.date.issued2019-09-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3291
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika peserta didik di kelas XI SMA Parulian 1 Medan. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan, dengan sampel yang terdiri dari 33 orang yaitu siswa kelas XI Mia-1 sebagai kelas eksperimen. Dari uji keberartian regresi diperoleh bahwa ada pengaruh antara model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil koefisien korelasi komunikasi diperoleh nilai r = 0,967 dan pemecahan masalah diperoleh r = 0,942,berarti terdapat hubungan yang kuat antara model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika. Dan dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh hubungan yang kuat antara antara model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika. Koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y1 diperoleh r^2=93,5%, yang berarti bahwa 93,5% kemampuan komunikasi matematika dipengaruhi oleh model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner. Selanjutnya koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y2 diperoleh r^2 = 88,7%, yang berarti bahwa 88,7% kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dipengaruhi oleh model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh modelPencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner, terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa, sehingga model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalahen_US
dc.subjectModel Pencapaian Konsep Dengan Penekanan Teori Bruneren_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePengaruh Model Pencapaian Konsep Dengan Penekanan Teori Bruner Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Di Kelas XI SMA Parulian 1 Medanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record