Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantu Software Matematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Siempatnempu Kanopan Sidikalang T.A. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu software matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa pada materi balok di kelas VIII smp negeri 2 siempatnempu kanopan sidikalang. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 4 kelas di SMP Negeri 2 Siempatnempu Kanopan Sidikalang. Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sehingga didapat sampelnya adalah kelas VIII-1 dan VIII-4. Dengan menggunakan uji-t untuk hipotesis, diperoleh data untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dengan thitung = 42,019. data untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh thitung = 38,385. data untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikelas kontrol dengan thitung = 19,164. data untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol dengan thitung = 25,461. jika dibandingkan dengan harga ttabel untuk n=32 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel = 1,667. Ternyata thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu software matematika efektif digunakan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa pada materi balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Siempatnempu Kanopan Sidikalang.
Collections
- Pendidikan Matematika [641]