• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS XII IPS SMA BINTANG TIMUR BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Yenny Agustina Manurung.pdf (15.29Kb)
    Date
    2015-09-15
    Author
    Manurung, Yenny Agustina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan siswa dalam menciptakan puisi tanpa menggunakan metode pembelajaran dapat dikatakan kurang baik, tetapi dengan menggunakan metode pembelajaran Picture and Picture kemampuan menciptakan puisi siswa lebih baik dan lebih jelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menciptakan puisi oleh siswa kelas XII IPS SMA Bintang Timur Balige dengan jumlah sampel 76 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,94, sedangkan kelas kontrol adalah 77,16. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus to = 〖〖Mx〗_(-My)〗_ /〖SE〗_(Mx-My) Dari analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = -0,63, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5%= 71. Kriteria pengujian menyatakan bahwa terima hipotesis jika t hitung> t tabel (-0,63>71). Maka hipotesis penelitian yakni, penerapan metode Picture and Picture lebih efektif daripada tidak menggunakan metode Picture and Picture.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/326
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Pengaruh Model Pembelajaran Picture Mapping (picture and picture dan mind mapping) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Swasta Trisakti Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2023/2024 

      SITINJAK, MUTIARA AMOY SARI (2024-05-22)
      Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture Mapping (Picture and Picture dan Mind Mapping) Terhadap Kemampuan menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Swasta Trisakti Lubuk Pakam. ...
    • Perbedaan Kreatifitas Matematika Siswa yang diajar Menggunakan Picture and Picture dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional pada Pokok Bahasan Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 1 Tigabinanga T.A. 2012/2013. 

      Tarigan, Marta Lina (2016-09-16)
      Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kreatifitas siswa yang diajar dengan model pembelajaran Picture and Picture dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional. Maka untuk ...
    • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 

      PURBA, FRISKA LAURENCIA (2023-11-09)
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan ...

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback