Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantu Software MatematikTerhadapKemampuanPemahamanMatematis danKemampuanPemecahanMasalahMatematika di Kelas X SMA Negeri 1 AekNatas Oleh:
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiefektivitasmodel pembelajaran group investigation terhadap kemampuan pemahamanmatematis danpemecahan masalah matematika di kelas X SMA Negeri 1AekNatas.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasX SMANegeri1AekNatas yang terdiridari6kelasdan yang menjadisampelpenelitianiniadalahkelasX-4denganjumlahsiswa30siswasebagaikelaseksperimen.PersamaanRegresiSederhanadarimodel pembelajaran group investigation terhadap kemampuanpemahamanmatematisdiperolehY ̂=22.707+0.733X. Hasilperhitunganujikeberartiankoefisienkorelasidiperolehthitung>ttabelatau6.836>1.701 ini berarti ada hubungan yang kuatpadamodel pembelajaran group investigationterhadapkemampuanpemahamanmatematis.Hasilperhitungankoefisiendeterminasidiperolehr^2= 62,4% iniberartimodel pembelajaran group investigationmempunyaipengaruhterhadapkemampuanpemahamanmatematissebesar62,4%.PersamaanRegresiSederhanadarimodel pembelajaran group investigationterhadapkemampuanpemecahan masalahmatematikadiperolehY ̂=19.643+0.766X.
Hasilperhitunganujikeberartiankoefisienkorelasidiperolehthitung>ttabelatau7.906>1.701iniberartiadahubungan yang kuatpadamodel pembelajaran group investigationterhadapkemampuanpemecahan masalahmatematika.Hasilperhitungankoefisiendeterminasidiperoehr^2= 69,1% iniberartimodel pembelajaran group investigation mempunyai pengaruhterhadapkemampuanpemecahan masalahsiswasebesar 69.1%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhmodel pembelajaran group investigationterhadapkemampuanpemahamanmatematis dan pemecahan masalah matematikaberbantu software matematika.Jadiharapanpenelitimodel pembelajaran group investigationdapatditerapkanmenjadialternatifpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanpemahamanmatematis dan pemecahan masalah matematika.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]