UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) YANG DIDUKUNG OLEH TEORI BELAJAR GAGNE DI KELAS VII SMP NEGERI 22 MEDAN
Abstract
Berdasarkan tujuan kurikulum yang berlaku, setiap mata pelajaran termasuk matematika diharapkan mampu memahami konsep matematika dengan strategi agar memudahkan siswa dalam memahami matematika pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.Untuk mencapai hal tersebut, maka guru sebagai tenaga pendidik perlu mengupayakan agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas peserta didik yang memiliki kemampuan pemahamaan konsep matematika siswa. Untuk itu guru harus memilih serta menerapkan strategi yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan strategi motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) yang didukung oleh teori belajar Gagne di VII SMP Negeri 22. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Medan yang beralamat di jalan pendidikan No.36. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 yang berjumlah 41 orang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata pemahaman konsep matematika siswa 67.68% dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 58,53%, pada siklus II rata-rrata pemahaman konsep matematika siswa sebesar 87,80 % dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 78,04 % . Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi motivasi ARCS (Attention , Relevance, Confidence, dan Satisfaction) yang didukung oleh teori belajar Gagne dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [641]