dc.contributor.author | simorangkir, Christine | |
dc.date.accessioned | 2018-03-12T10:15:58Z | |
dc.date.available | 2018-03-12T10:15:58Z | |
dc.date.issued | 2015-07-11 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/318 | |
dc.description.abstract | Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuan kreativitas belajarsiswapadamateri segiempatdi kelasVII-A SMP Negeri Muara Siatas Baritamelalui model pembelajaranBeach Ball.
JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (Classroom Action Research)yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-A yang berjumlah 30 orang di SMP Negeri Muara Siatas Baritadanobjekpenelitianiniadalahpeningkatankemampuan kreativitas belajarsiswa di kelasVII-Adenganmenggunakan model pembelajaranBeach Ball.
Padates yang dilakukandiakhirsiklus I (postest I) ketuntasanbelajarsiswasecara individual terdapat23siswa yang tuntasdalambelajar yang memperoleh ≥ 65% dan7siswabelumtuntasdalambelajar, ketuntasanbelajarsecaraklasikaladalahsebesar76% dannilai rata-rata siswa yang diperolehdari30 orang siswapadapostest I iniadalahadalah69,41. Namunkarenahasilbelajarsiswa di siklus I belummencapai target minimal penilaianhasilbelajaryaitu 85% siswamemperolehnilai ≥ 65, makaperluperbaikan program pengajaransehinggadilanjutkankesiklus II. Padasiklus II diperolehketuntasanbelajar individual yaitu27siswa yang tuntasdalambelajar yang memperoleh ≥ 65% dan3siswabelumtuntasdalambelajardanketuntasansecaraklasikaladalahsebesar 90%sertanilairata-rata nilai siswa dari 30 orang padasiklus II iniadalah85.
Berdasarkanhasilanalisisobservasiaktivitasbelajarsiswa, padasiklus I diperoleh rata-rata persentaseaktivitasbelajarsiswasebesar35% (kategorikurangaktif), sedangkanpadasiklus II sebesar82,62% (kategoriaktif). Berdasarkan penelitian tersebutdapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranBeach Balluntukmeningkatkankemampuan kreativitas belajarsiswapadamateri Segiempat. Sehingga diharapkan model pembelajaran Beach Ballini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang untuk meningkatkan kemampuan kreativitas belajar siswa. | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Beach Ball | en_US |
dc.subject | Segiempat. | en_US |
dc.title | Penerapan Model PembelajaranBeach Ball untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas BelajarSiswaPadaMateriSegiempat di Kelas VII SMP Negeri 3 Muara Siatas Barita SMPT.A. 2015/2016.Skripsi, Program StudiPendidikanMatematika, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan. | en_US |